Skip to main content

Suluk Dewi Sulasikin bag 4

Suluk Dewi Sulasikin bag 4
Sinom
1. ingkang pasthi ing larangan |
tan kêna ginawe gampil |
dene sira sampun awas |
yèn sampun têkèng ing wèsthi |
nugrahane Hyang Widi |
kang sampun awas ing kawruh |
rasane iku tunggal |
tunggal urip tunggal pati |
tunggal wujud Mukhamat yaiku Allah ||

2. tunggale lorone tunggal |
tunggale maksih kêkalih |
Mukhamad yaiku Allah |
Allah Mukhamad sajati |
jaba jêro tan kaèksi |
Mukhamad sirna kadulu |
kalingan sipat kidam |
waluya kadi ing nguni |
iya iku sampurnane puji sêmbah ||

3. poma iku dèn rêksaa |
ujar linarangan iki |
tan kêna ingucapêna |
tanpa ngrasa iku nini |
pan iku sadat jati |
sampurnane ing pandulu |
sampurnane paningal |
ningali ingkang sajati |
iya iku sampurnane rasaning dat ||

4. kang muhung ing santri ika |
idhêpe tan nolih singgih |
karo iku dadi sadat |
tan wikan dununge puji |
tan wruh Pangeran iki |
panêmbahe bêstu suwung |
kaliwat dènnya nêmbah |
dèn sidhêp urip kêkalih |
têkadipun tuna liwat bangêt sasar ||

5. dèn gugu aksara ika |
dèn èstokna datan gingsir |
sadatipun tuna liwat |
dèn puhung wartane tulis |
samya nêmbah amuji |
panêmbahe bêstu suwung |
parêke kang utama |
tan angèl dènnya ngabêkti |
satingalnya dadya puji dadi sêmbah ||

6. laire pan katingalan |
Mukhamad lawan Hyang Widi |
dinulu parêk kawangwang |
lir gêdhah isi sotya di |
jaba jêro kaèksi |
sirna gêdhahe dinulu |
kalingan madu ika |
sing pandulu kang sayêkti |
sirna ilang Mukhamad kalingan sukma ||

7. sajrone batin Mukhamad |
ya Mukhamad lair batin |
ya Allah batine nyata |
iya batin iya lair |
lir kumbane jêladri |
tunggale anane banyu |
iya tan kêna pêjah |
tan urip tan kêna pati |
urip iku anguripi ingkang pêjah ||

8. iku sira dèn prayitna |
dèn bisa sira nampani |
aja sira kumêlamar |
dèn nyata sira ngawruhi |
iku ingaran ngèlmi |
iya iku aran rasul |
kêkasihe Hyang Suksma |
sajatine kang linuwih |
iya iku ingakên utusaning Hyang ||

9. tan karuan pinangkanya |
panêmbahe tan sayêkti |
sabênêr-bênêring tingal |
kang kupur nora nana kari |
sêmbah pujine ênting |
anane sirna wus lêbur |
kalingan anane dat |
kêlêm ananira iki |
iya iku jatine kupur punika ||

10. jatine kapir kang nyata |
kapir aluhur sayêkti |
têgêse kapir punika |
ora ningali kêkalih |
tan uninga lyan malih |
anane kawula iku |
lêbur datan kaetang |
wus ênting tan ana kari |
kalimputan ananira ing datullah ||

11. sampurnane ing paningal |
kang nyata kupur lan kapir |
lawan masrik ta punika |
suwung mudada sêjati |
kang têkèng Allah iki |
iku kang minôngka wuwus |
têgêse kupur ika |
lawan kapir dèn kawruhi |
yèn ora wruh sira lagi sasêlaman ||

Comments

Popular posts from this blog

Makna Kembang Setaman

MAKNA BUNGA " kembang staman "  dalam Sesaji Jawa  Kembang setaman versi Jawa" terdiri dari beberapa jenis bunga Yakni : Mawar, Melati, kanthil & Kenanga. Mengenal Berbagai Simbol Penghormatan Dalam falsafah hidup Jawa, berbakti kepada kedua orang tua dan para leluhur yang menurunkan adalah suatu ajaran yang diagungkan. Orang Jawa yang memahami hakekat hidup, tentunya akan sangat memahami apabila kesuksesan lahir dan batin tak akan bisa diraih apabila kita menjadi seorang anak atau generasi penerus yang durhaka kepada orang tua dan para leluhur yang menurunkannya. Ungkapan rasa berbakti, tidak hanya diucapkan dalam ikrar doa-doa puji-pujian yang ditujukan kepada leluhurnya. Salah satu wujud konkrit rasa berbakti tersebut adalah berupa sesaji, yang dimaksud sebagai persembahan atas segala rasa hormat dan rasa terimakasih tak terhingga kepada para leluhur yang telah wafat yang mana semasa hidupnya telah berjasa memberikan warisan ilmu, harta-benda, dan lingku...

Negarakertagama (Sansekerta)

Negarakertagama   Kitab Negarakertagama ini terdiri dari 98 Pupuh (Bagian dalam penulisan menggunakan media daun lontar) dan terdiri dari 2 bagian yang sama-sama setiap bagiannya tersebut terdiri dari 49 Pupuh. Berikut bagian dari pupuh-pupuh tersebut :  Bagian I -7 Pupuh tentang Raja dan Keluarganya -9 Pupuh tentang Kota dan Wilayah Majapahit -23 Pupuh tentang Perjalanan Raja keliling ke Lumajang -10 Pupuh tentang Silsilah Raja Majapahit Bagian II -5 Pupuh tentang perburuan Raja di Hutan Nandawa -5 Pupuh tentang perjalana pulang Raja ke Majapahit -1 Pupuh tentang oleh-oleh yang dibawa pulang dari berbagai daerah yang dikunjung -10 Pupuh tentang perhatian kepada leluhur -2 Pupuh tentang kematian Gajah Mada -10 Pupuh tentang bangunan-bangunan suci di Jawa dan Bali -9 Pupuh tentang upacara berkala -7 Pupuh tentang pujangga pemuja raja(Tentang diri Prapanca) NEGARA KERTAGAMA PUPUH 1-7 [Pupuh 1]     om nathaya namostu te stutinin atpada ri pada bhatara nityaça,...

Filosofi Jawa

Orang Jawa pada jaman dahulu selalu mempergunakan FILOSOFI/ UNEN-ENEN untuk menata kehidupan sehari-hari. Dan menerapkannya, maka dari itulah orang Jawa kuno terlihat lebih SANTUN daripada orang Jawa sekarang yang sudah terpengaruh oleh MODERNISASI, yang lebih mengutamakan EGO  daan kesenangan diri sendiri karena hanya mempelajari ilmu di bangku sekolah saja. Mungkin perlu adanya pembelajaran pada anak muda sekarang tentang MAKNA DAN ARTI HIDUP yang sejati dengan bantuan Filosofi Jawa Kuno. Sering terdengar perkataan yang terlontar dari orang-orang Jawa tua untuk anak2 muda sekarang WONG JOWO NANGING ORA JAWANI  yang artinya Orang Jawa tetapi tidak mengerti dan memahami makna dan tatanan kebaikan .  Di bawah ini sedikit dari Filosofi Jawa yang mungkin bisa mengingatkan dan membuka hati kita semua tentang keindahan FILOSOFI JAWA  yang masih cocok untuk diterapkan di sepanjang jaman. Ngluruk Tanpa Bala, Menang Tanp...