Skip to main content

Raden Sumarja 3

Suluk Raden Sumarja 3
Maskumambang
1. wus kumambang manahe rahadèn kalih |
mring sang dwijawara |
dahat angroro pangèksi |
dene wus antuk wawêngan ||

2. sang pandhita samana wus ananggupi |
wèh tuduh kang nyata |
ambuka kang gaib-gaib |
kapindhone sira radyan ||

3. ciptaning tyas mênawa dipun tampani |
dènirarsa magang |
marang sang kusumèng wukir |
makathik juru pêthetan ||

4. sira Radèn Sumarja umatur aris |
amba nuwun têdah |
caritane Bayusiwi |
ing praptanirèng wêkasan ||

5. paran sanès lawan kadangipun sami |
sang pandhita mojar |
ing mangke kula jatèni |
nalika kari mataya ||

6. pra Pandhawa miwah Prabu Harimurti |
tuwin para raja |
tanapi sang sori aji |
kumpul anèng candhi sêkar ||

7. tan cinatur mehrade Sang Dèwi Kunthi |
miwah Darmaputra |
Danangjaya lawan malih |
Nakula tuwin Sadewa ||

8. Wêrkudara samana kantun pribadi |
ingatag Sri Krêsna |
umanjinga candhi sari |
Sang Sena datan lênggana ||

9. angandika nata Prabu Dwarawati |
yayi kayaparan |
kari sira lawan mami |
aja kadangon riningwang ||

10. kadangira kabèh wus antara sami |
nauri Sang Sena |
lah iya kakang dèn ririh |
ing karsa dipun sarônta ||

11. nora kêna kalamun ing jênêng mami |
pinarosèng karsa |
kudu nganggo ngati-ati |
tiwasa ing cipta tuna ||

12. tanpa gawe iya jênênging aurip |
tan wruh kene kana |
wusanane nêniwasi |
ing dêlahan mindho karya ||

13. seje lawan para kadang ingsun nguni |
yèn Si Bratasena |
mangkono pakartinèki |
adhuh durung paja-paja ||

14. dungkap marang kanyataaning urip |
uripe sapisan |
arsa ginawe ping kalih |
ing satêmah luwih nistha ||

15. lah dulunên kakang ing mêngko sun iki |
prapta ing wêkasan |
tinata rakiting kapti |
kanthi utamaning sêdya ||

Comments

Popular posts from this blog

Makna Kembang Setaman

MAKNA BUNGA " kembang staman "  dalam Sesaji Jawa  Kembang setaman versi Jawa" terdiri dari beberapa jenis bunga Yakni : Mawar, Melati, kanthil & Kenanga. Mengenal Berbagai Simbol Penghormatan Dalam falsafah hidup Jawa, berbakti kepada kedua orang tua dan para leluhur yang menurunkan adalah suatu ajaran yang diagungkan. Orang Jawa yang memahami hakekat hidup, tentunya akan sangat memahami apabila kesuksesan lahir dan batin tak akan bisa diraih apabila kita menjadi seorang anak atau generasi penerus yang durhaka kepada orang tua dan para leluhur yang menurunkannya. Ungkapan rasa berbakti, tidak hanya diucapkan dalam ikrar doa-doa puji-pujian yang ditujukan kepada leluhurnya. Salah satu wujud konkrit rasa berbakti tersebut adalah berupa sesaji, yang dimaksud sebagai persembahan atas segala rasa hormat dan rasa terimakasih tak terhingga kepada para leluhur yang telah wafat yang mana semasa hidupnya telah berjasa memberikan warisan ilmu, harta-benda, dan lingku...

Negarakertagama (Sansekerta)

Negarakertagama   Kitab Negarakertagama ini terdiri dari 98 Pupuh (Bagian dalam penulisan menggunakan media daun lontar) dan terdiri dari 2 bagian yang sama-sama setiap bagiannya tersebut terdiri dari 49 Pupuh. Berikut bagian dari pupuh-pupuh tersebut :  Bagian I -7 Pupuh tentang Raja dan Keluarganya -9 Pupuh tentang Kota dan Wilayah Majapahit -23 Pupuh tentang Perjalanan Raja keliling ke Lumajang -10 Pupuh tentang Silsilah Raja Majapahit Bagian II -5 Pupuh tentang perburuan Raja di Hutan Nandawa -5 Pupuh tentang perjalana pulang Raja ke Majapahit -1 Pupuh tentang oleh-oleh yang dibawa pulang dari berbagai daerah yang dikunjung -10 Pupuh tentang perhatian kepada leluhur -2 Pupuh tentang kematian Gajah Mada -10 Pupuh tentang bangunan-bangunan suci di Jawa dan Bali -9 Pupuh tentang upacara berkala -7 Pupuh tentang pujangga pemuja raja(Tentang diri Prapanca) NEGARA KERTAGAMA PUPUH 1-7 [Pupuh 1]     om nathaya namostu te stutinin atpada ri pada bhatara nityaça,...

Filosofi Jawa

Orang Jawa pada jaman dahulu selalu mempergunakan FILOSOFI/ UNEN-ENEN untuk menata kehidupan sehari-hari. Dan menerapkannya, maka dari itulah orang Jawa kuno terlihat lebih SANTUN daripada orang Jawa sekarang yang sudah terpengaruh oleh MODERNISASI, yang lebih mengutamakan EGO  daan kesenangan diri sendiri karena hanya mempelajari ilmu di bangku sekolah saja. Mungkin perlu adanya pembelajaran pada anak muda sekarang tentang MAKNA DAN ARTI HIDUP yang sejati dengan bantuan Filosofi Jawa Kuno. Sering terdengar perkataan yang terlontar dari orang-orang Jawa tua untuk anak2 muda sekarang WONG JOWO NANGING ORA JAWANI  yang artinya Orang Jawa tetapi tidak mengerti dan memahami makna dan tatanan kebaikan .  Di bawah ini sedikit dari Filosofi Jawa yang mungkin bisa mengingatkan dan membuka hati kita semua tentang keindahan FILOSOFI JAWA  yang masih cocok untuk diterapkan di sepanjang jaman. Ngluruk Tanpa Bala, Menang Tanp...